Mengintip SMAK Sinlui 1 Surabaya yang Masuk 10 SMA Terbaik di Indonesia

Surabaya – SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya masuk dalam 10 SMA terbaik se-Indonesia berdasarkan Ujian Tertulis Berbasis Kompetensi (UTBK) tahun 2020. SMA yang terkenal dengan Sinlui 1 ini memang selalu terkenal dengan banyak prestasi.
DetikEdu mendatangi sekolah yang berada di Jalan Polisi Istimewa 7, Kota Surabaya tersebut. Di dalam sekolah suasana sepi, karena mayoritas siswa masih belajar secara daring dari rumah.

Memasuki lorong ruang guru, tampak jelas piala yang berjejer di lemari membuktikan bahwa sekolah ini memang haus akan prestasi. Tidak hanya piala, ada juga sejumlah medali dan piagam yang tertata rapi.

Di beberapa sudut, kita juga akan menjumpai beberapa patung khas agama katolik, di antaranya patung Tuhan Yesus, Bunda Maria hingga patung St. Louis.

 

Tentu yang menarik perhatian, ada sebuah pohon besar di dalam sekolah Sinlui 1 Surabaya. Para guru, siswa, dan tenaga kerja lainnya di sekolah menyebutnya Pohon Cinta.

Kepala Sekolah SMAK St Louis 1 Dra Sri Wahjoeni Hadi mengatakan, selama masa pandemi ada sejumlah hambatan dalam pembelajaran daring para siswa. Namun, pihaknya membuat jam belajar siswa lebih fleksibel, agar siswa mampu menangkap ilmu dengan baik.

Terbukti, jurus tersebut ampuh. Meski di tengah pandemi, Sri Wahjoeni membeberkan beberapa prestasi Sinlui 1 Surabaya. Selama tahun 2020 hingga 2021 ini, ada 7 lomba tingkat internasional yang dimenangkan oleh siswa-siswi Sinlui 1 Surabaya.

Di tingkat nasional, ada 120 penghargaan yang disabet oleh siswa-siswi Sinlui 1 Surabaya dalam kurun waktu satu tahun ini.

 

Mengutip dari detik.com