Kegiatan Puncak Tema Binatang: Kunjungan ke Kolam Pemancingan

Kegiatan puncak tema adalah suatu penanda bahwa salah satu tema bahan ajar di PAUD telah tuntas. Kegiatan puncak tema biasanya diisi dengan kegiatan belajar/melihat secara langsung dari sumbernya. Seperti contohnya kegiatan puncak tema tanaman, anak-anak diajak berkegiatan menanam dan merawat tanaman sayur di wilayah sekolah yang nantinya bisa mereka panen dan dimakan bersama pada saat peringatan hari gizi.

Kali ini TKK Taman Harapan dalam rangka kegiatan puncak tema binatang, melakukan kunjungan ke kolam pemancingan cekdam tepatnya di Carina Lesehan di wilayah Sungai Dua Desa Gunung Besar. Kegiatan berlangsung selama dua hari, hari pertama untuk kelas B1, B2 dan kelompok bermain pada tanggal 6 Februari 2023 dan hari kedua untuk kelas kelompok A pada tanggal 7 Februari 2023 dari pukul 09.30 sampai pukul 11.00. Dalam kegiatan kali ini anak-anak diajak mengenal berbagai jenis ikan air tawar seperti lele, bawal, patin, nila dan gurami yang ada di kolam pemancingan tersebut. Setelah mendengarkan penjelasan dari pemilik kolam, anak-anak diajak mencoba memancing ikan di kolam ikan nila secara bergantian, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memberi makan ikan di kolam tempat penampungan bibit ikan nila dan patin.

Anak-anak tentu sangat senang mendapat kesempatan melihat langsung beragam ikan air tawar di lokasi tersebut, apalagi di tempat tersebut juga ada binatang lain yaitu angsa yang berkeliaran bebas di sekitar kolam pemancingan. Ditutup dengan santap siang bersama tentunya dengan lauk ikan hasil anak-anak memancing tadi. Setelah santap siang bersama anak-anak kemudian berdoa dan berpamitan kepada Ibu Carina selaku pemilik kolam pemancingan.