“Karena Cinta-Mu, Kuraih Mimpi”

Rekoleksi Sehari: Motivasi Siswa Kelas VI (enam) Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (Ujian Sekolah)

“Karena Cinta-Mu, Kuraih Mimpi”

 

Pada hari Jumat, 05 Mei 2023 siswa-siswi kelas VI SDK Santo Aloysius Surabaya mengikuti rekoleksi persiapan menghadapi Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (Ujian Sekolah). Rekoleksi diadakan lebih singkat dari biasanya, yaitu hanya dalam waktu setengah hari saja. Tema rekoleksi ini adalah “Karena Cinta-Mu, Kuraih Mimpi”. Dalam kegiatan rekoleksi ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VI sebanyak 48 orang dan didampingi oleh wali kelas VI. Narasumber dalam rekoleksi ini adalah Ibu Oktavianti Kevin dan Ibu Laurensia sebagai mahasiswa magang dari Perguruan Tinggi STKIP Widya Yuwana Madiun.

            Kegiatan rekoleksi ini dibagi menjadi 3 (tiga) sesi. Sesi pertama dengan materi “Merasakan kasih Tuhan dalam diri orang lain”. Pada sesi ini diharapkan agar para siswa mampu mengenal dirinya lebih mendalam, anugerah, mengenal potensi, bakat dan kemampuan, serta keunikannya. Para siswa siswa dapat mensyukuri segala yang ada dalam dirinya, baik itu kekurangan maupun kelebihannya masing-masing. Sesi kedua dengan materi “Who Am I?”.

Pada sesi kedua ini, siswa-siswi diajak untuk membangkitkan semangat mereka untuk bertumbuh dan berkembang demi menggapai cita-citanya. Dalam kelompok, siswa melakukan diskusi, sharing, membangun komitmen meraih cita-cita, serta harapan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Penguatan dari sessi kedua ini, siswa harus memiliki semangat untuk belajar, memiliki target tentang apa yang ingin dicapai, terus berusaha dengan fokus dan disiplin dalam menggunakan waktu. Tidak lupa untuk selalu mengandalkan Tuhan lewat doa.

Sessi ketiga atau terakhir dengan materi “Memilih Sekolah Untuk Menghadapi Masa Depan”. Siswa mendapat tugas untuk membuat pohon harapan pada kertas karton yang telah dibagikan dan menuliskan harapan-harapan baik mereka lalu ditempelkan pada pohon harapan yang telah Digambar. Maksud dalam sessi akhir ini siswa diajak untuk selalu mempunyai harapan untuk mencapai cita-cita dan impian akan masa depannya.

Kegiatan rekoleksi ini dimulai pukul 07.15 WIB dibuka dengan doa oleh Ibu Riska selaku wali kelas VIB dan dilanjutkan dengan pengantar singkat. Acara berakhir pukul 12.15 WIB dengan membangun niat dan harapan. Ditutup dengan doa oleh salah satu siswa. Dalam rangkaian rekoleksi ini, Ibu Kevin dan Ibu Laurensia memberikan materi dalam penyampaian Ppt, video, dan gerak lagu. Kegiatan ini dirancang dalam bentuk dinamika kelompok, sharing, refleksi, dan peneguhan. Suasana bahagia sangat terasa dalam diri siswa dari awal sampai pada akhir sessi. Acara semakin bertambah meriah dan menyenangkan ketika adanya ice breaking dan game di sela-sela sessi.

Sebelum acara ditutup dengan doa, disampaikan kata pesan oleh Bp Ari selaku kepala sekolah.

Semoga dengan diadakannya kegiatan rekoleksi ini, para siswa diharapkan lebih bisa  dalam menemukan jatidiri sehingga ditumbuhkan dalam semangat percaya diri, sadar akan perlunya belajar, dan semangat dalam berproses menyiapkan diri menghadapi Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (Ujian Sekolah) serta merencanakan jenjang sekolah lanjutan. Para siswa juga diharapkan mampu menjadi pribadi Vinsensian yang unggul dan mampu berkompetisi di zaman modern ini. Salam dan Tuhan Memberkati.(Oktavianti Kevin)