RETRET SDK St Vincet dan TKK Taman Harapan : Bersuka dan Besyukur dalam Pelayanan dengan Semangat St. Vincentius

Retret merupakan kegiatan rutin tahunan bagi seluruh guru dan karyawan di Yayasan Lazaris sebagai bentuk penyegaran spiritual. Termasuk bagi guru dan karyawan di SDK St Vincent dan TK Katolik Taman Harapan Batulicin. Melaksanakan retret pada tanggal 5 – 7 Oktober 2023 di Wisma Shikar Banjarbaru bersama Romo Gregorius Sandy Dharma K.,CM.

Para guru dan karyawan unit Batulicin berangkat menuju Banjarbaru pada Kamis 5 Oktober 2023, dengan diiringi doa dari Romo Antonius Karyono, CM sebagai room perwakilan yayasan lazaris untuk unit Batulicin. Pada sekitar pukul 07.00 WITA rombongan 1 bus dan 2 mobil travel berangkat dan kurang lebih pukul 14.30 WITA tiba di wisma shikar Banjarbaru.

Kegiatan dimulai pukul 16.00 WITA dengan menikmati snack bersama dan kemudian sesi pembuka oleh Romo Sandy yang berisi perenungan dengan alasan menjadi guru khususnya di yayasan lazaris ini. Para peserta retret diminta untuk kembali ke kamar masing-masing untuk melalukan permenungan tersebut. Hari pertama diisi dengan kegiatan ringan dan misa bersama, serta penjelasan singkat tentang materi jatuh bangun dalam peziarahan. Hari pertama diakhiri dengan perenungan tentang peziarahan di dunia dan doa malam bersama.

Kegiatan hari kedua dimulai pukul 08.00 WITA. Diawali penjelasan materi dari romo. Peserta dibagi dalam 5 kelompok besar dan melakukan diskusi tentang tantangan dan hambatan sebagai pendidik kemudian dituliskan dalam sebuah kertas besar yang sudah disediakan. Setelah sesi diskusi para peserta istirahat siang. Kegiatan berlanjut di sore hari pukul 16.00 WITA diawali dengan snack lalu menonton film tentang perjuangan seorang guru membantu anak disleksia yang sangat pandai melukis. Film ini cukup menguras air mata para peserta retret. Kegiatan hari kedua ditutup dengan presentasi hasil diskusi kelompok dan doa malam.

Pada hari terakhir kegiatan diawali dengan senam pagi pukul 06.00 WITA, dilanjutkan dengan kegiatan outbond di halaman gua maria Paroki Bunda Maria Banjarbaru. Melalui kegiatan outbond ini membuat para guru dan karyawan unit Batulicin semakin akrab satu dengan yang lain. Setelah bersih-bersih badan hari terakhir diisi dengan sesi penutup dan peserta satu persatu memberikan feedback apa yang didapat dan dirasakan selama retret ini. Kegiatan retret ditutup dengan misa bersama di kapel dan pemberian tali asih kepada Romo Sandy. Peserta kembali ke batulicin sekitar pukul 14.00 WITA dan tiba di Batulicin lagi sekitar pukul 22.30 WITA.