Siswa Jurnalistik SDK St. Aloysius Berkunjung ke CNN TV,

Majalah Panjebar Semangat, dan Radio Suara Surabaya

“Melangkah di Dunia Media, Mengejar Cerita, dan

Meresapi Pengalaman Baru di Media Massa dan Media Elektronik”

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tamnbahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan  dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing peserta didik.

Jurnalistik adalah salah satu ekstrakurikuler yang ada di SDK St. Aloysius. Ekstrakurikuler jurnalistik merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri melalui suatu karya, baik tulisan maupun karya yang lain. Kegiatan ekstra jurnalistik meliputi menulis sebuah berita, menulis artikel, fotografi, podcast, dan lain sebagainya.

Sebagai puncak kegiatan ekstra jurnalistik di semester gasal dan untuk menambah wawasan peserta didik khususnya bagi peserta ekstra jurnalistik maka diadakan kunjungan ke kantor media massa dan media elektronik. Kegiatan tersebut dilakukan sebanyak 2 (dua) kali. Pertama pada Kamis, 16 November 2023 mengunjungi Kantor Berita CNN TV Indonesia dan Kantor Majalah Panjebar Semangat), dan kedua pada hari Sabtu, 25 November 2023 mengunjungi Kantor Radio Suara Surabaya Media.

Kegiatan tersebut didampingi oleh Bapak Petrus selaku pembina ekstra jurnalistik, Ibu Maria Demetriana Bria, S.Pd dan Ibu Jolanovia Anita, S.Pd selaku koordinator kegiatan ekstrakurikuler. Sebanyak 21 siswa peserta ekstra mengikuti kegiatan ini. Mereka bersemangat dan sangat antusias. Hal tersebut tampak dari raut wajah mereka yang berseri-seri dengan penuh tanya mengenai hal apa saja yang akan terima.

Di kantor berita CNN TV, para siswa diberi kesempatan untuk unjuk bakat menjadi pembaca berita, mereka melihat proses bagaimana sebuah berita dibacakan oleh pembaca berita hingga dapat ditayangkan melalui siaran televisi. Dalam kunjungan ke Kantor Majalah Panjebar Semangat, para siswa dijelaskan bagaimana suatu berita atau artikel dapat dicetak menjadi sebuah majalah. Untuk melengkapi penjelasan tersebut, para siswa diajak berkeliling melihat alur proses mencetak hingga majalah siap didistribusikan pada pembaca. Bahkan para siswa mendapat majalah sebagai kenang-kenangan.

Para peserta ekstra jurnalistik tak sabar menantikan kunjungan kegiatan yang kedua yaitu di Kantor Radio Suara Surabaya Media (masyarakat lebih mengenalnya ke radio SS). Pada kunjungan tersebut, para siswa melihat secara langsung bagaimana sebuah berita disiarkan melalui media audio dan visual. Radio Suara Surabaya ini merupakan salah satu media elektronik yang banyak mendapat apresiasi dan prestasi sebagai salah satu media elektronik terbaik dalam konten isi dan bentuk penyiarannya, salah satunya melalui suarasurabaya.net yang bisa menampilan visual secara langsung dan fasilitas terbuka masyarakat untuk membantu memberikan informasi dan berita. Para siswa bersemangat untuk melihat proses tersebut, mereka berkeliling kantor dan dapat langsung bertanya pada para jurnalis yang ada. Bahkan 3 (tiga) di antara siswa yaitu Kusalo, Katarina, dan Defrita diberi kesempatan on-air diwawancarai langsung oleh salah satu penyiar Suara Surabaya. Salah satu kebanggaan mereka bisa merasakan bagaimana menjadi narasumber di radio.

Sebagai bentuk apresiasi, sekolah memberikan kenang-kenangan pada kantor media massa dan media elektonik yang telah dikunjungi. Kegiatan kunjungan tersebut merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Kegiatan kunjungan ini tentunya menjadi pengalaman berkesan bagi para siswa khususnya peserta ekstra jurnalistik, dan menambah wawasan mereka di bidang jurnalistik. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

(Caecilia Riska Nugraheni, S.Pd.)