SEMANGAT BEKERJASAMA DAN CINTA ALAM DALAM KEGIATAN PERJUSA

DI SMPK BUKIT RAYA SERAWAI

Pramuka mengadakan kegiatan Perjusa ( Perkemahan Jumat-Sabtu) pada tangal 23 dan 23 Februari 2024 di halaman belakang sekolah  diikuti oleh siswa-siswi kelas IX, OSIS didampingi guru dan karyawan, Rm. Agustinus, CM dan beberapa Alumni. Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan kemandirian, semangat bekerjasama, cinta alam, dan cinta tanah air bagi para siswa SMPK Bukit Raya Serawai. Tema Perjusa tahun ini adalah “BR Terlibat, Kita Sehat, Alam Selamat.” Tema ini memiliki harapan agar anak-anak SMPK Bukit Raya dapat hidup sehat dan bisa menjaga alam dengan baik.

Jumat, 23 Februari kegiatan dimulai  pukul 07.00-12.00.WIB  peserta mendirikan tenda perkemahan dan mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung. Ada 5 tenda regu putra dan 5 tenda regu putri. Kegiatan berlanjut mulai pukul 14.00 WIB dengan mengisi daftar hadir. Setelah mengisi daftar hadir, peserta masuk tenda masing-masing untuk menyimpan barang-barang yang dibawa. Kegiatan dilanjutkan dengan upacara pembukaan perkemahan pramuka pada pukul 15.00 WIB. Setelah upacara peserta kembali ke lokasi perkemahan untuk masak persiapan makan malam, mandi, dan bersiap untuk mengikuti jalan salib dan misa pada pukul 17.00 WIB di Gereja Santo Montfort Serawai.

Kembalinya dari gereja peserta ke tenda masing-masing untuk makan malam. Selesai makan malam peserta mengikuti pendalaman Nilai “Kesederhanaan” dari Sr. Constant, PK dilanjutkan dengan pentas seni yang ditampilkan oleh setiap regu. Kegiatan dilanjutkan persiapan api unggun dengan melaksanakan pawai obor. Selama api unggun menyala, peserta berjalan mengelilingi sambil bernyanyi. Peserta mengikuti renungan malam dan menyalakan lilin. Renungan malam disiapkan agar peserta bisa merefleksikan pengalaman pribadi dan bisa menjadi lebih baik. Peserta diarahkan ke tenda masing-masing untuk beristirahat malam.

 Sabtu, 24 februari peserta melakukan lintas alam ke Karangan Moses. Kegiatan diawali dengan ibadat pagi di lapangan basket dan dipimpin oleh Rm. Agustinus, CM dilanjutkan dengan senam bersama, dan bersiap untuk menuju lokasi tujuan. Sepanjang jalan peserta memungut sampah. Sampah-sampah yang sudah dipungut dikumpulkan untuk dibakar bersama di Karangan Moses. Setelah beristirahat sebentar, kami bersama-sama kembali ke sekolah untuk makan siang bersama. Perkemahan ditutup dengan upacara penurunan bendera kebesaran Pramuka, pembagian hadiah penghargaan kebersihan tenda dan kekompakan dalam regu. Peserta kembali ke rumah masing-msing.