“KAMU HARUS MEMBERI MAKAN”

RETRET GURU DAN KARYAWAN SMPK BUKIT RAYA

 “Kamu Harus Memberi Mereka Makan” merupakan tema dari retret tahun 2024. Tema ini diangkat dari Injil (Markus 6:37) sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dalam keseharian bersama anak-anak di sekolah dengan mendalami tiga nilai inti CCV terutama dalam Compession (berbela rasa) bersama guru dan karyawan SMPK Bukit Raya Serawai.Tujuan diadakan kegiatan retret untuk memahami lebih dalam cinta kasih Tuhan yang terjadi dalam hidup kita masing-masing, menjauhkan diri dari kesibukan sehari–hari dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Bela rasa atau belas kasih harus diwujudkan dalam tindakan-tindakan nyata yang melahirkan solidaritas melalui tekad yang teguh dan kuat untuk meningkatkan diri pada kebaikan bersama yang menyangkut relasi dengan Tuhan, diri sendiri, dan sesama. Dengan adanya retret juga bisa mengevaluasi proses pengalaman yang sudah berlalu dan diteguhkan kembali semangat dalam bekerja dan melayani karena setiap orang dipanggil untuk melayani baik di sekolah, lingkungan masyarakat, dan Paroki. Kegiatan retret berlangsung selama tiga hari, Senin 15 April dan Rabu April 2024 di Seminari Menengah St. Yohanes Maria Vianney Menyurai Sintang.

Senin 15 April kegiatan mulai pukul 16.00 WIB diawali dengan Ice Breaking, pengarahan dari Kepala Sekolah dan doa pembuka. Kegiatan dipandu oleh bagian Katolisitas Ibu Nova dan materi diisi oleh Rm. Agustinus, CM. Guru dan Karyawan sangat bersemangat dan menikmati materi yang disampaikan. Setelah mendengarkan materi dari Rm. Agus dalam sesi pertama Guru Karyawan dibagi dalam 7 kelompok yang beranggotakan 3 orang. Setiap kelompok diminta untuk menulis satu kalimat menarik dari bacaan Injil Markus bab 6:30-44 disertai alasan lalu dipresentasikan secara bergantian. Pukul 18.30 WIB, makan malam. Kegiatan berlanjut ke sesi  kedua dan kesimpulan dari Romo. Setelah selesai materi, perkenalan dengan anak-anak Seminari, doa malam kemudian kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat malam.

Selasa, 16 April diawali misa pagi dipimpin oleh Rm, Agustinus, CM. Selesai misa, jalan santai dan sarapan di luar. Kembalinya dari jalan santai (ambulatio), istirahat sebentar dan lanjut ke sesi materi ketiga yang masih diisi oleh Rm.Agustinus, CM. Saat istirahat kami meluangkan waktu untuk mengunjungi Rm. Gebi, Pr yang sakit dan sedang dalam masa pemulihan  di Seminari. Pukul 12.30 WIB makan siang dan istirahat siang. Pukul 16.30 kami bersama-sama melakukan ibadat tobat untuk persiapan pengakuan dosa. Pengakuan dosa dilayani oleh Rm. Imanuel Yosep Faot, Pr dan Rm. Fabianus Rikardus, CM. Setelah pengakuan dosa, rombongan keluar untuk makan malam menggunakan bus Seminari bersama Rm.Fabi ke rumah makan “Serasa” Sungai Durian. Dalam perjalanan pulang, kami mengekspresikan kebahagian dengan bernyanyi-nyanyi dalam bus hingga tiba di Seminari. Kegiatan berlanjut dengan sharing bersama untuk saling memotivasi dalam kehidupan sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan di SMPK Bukit Raya, dan  ditutup dengan doa malam.

Rabu, 17 April Pukul 05.30 WIB misa pagi bersama anak-anak Seminari. Misa dipimpin oleh Rm. Fabianus Rikardus, CM dan Rm. Agustinus, CM. Sebelum berkat penutup, penyampaian ucapan terima kasih oleh Kepala Sekolah, foto bersama dan kembali ke Serawai. kami tiba di Serawai sekitar pukul 18.00 WIB